Forkom UMKM Mergangsan

     Forum Komunikasi (Forkom) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mergangsan, merupakan wadah untuk menjembatani UMKM di Kota Yogyakarta dengan kebijakan pemerintah. Upaya tersebut mulai dilakukan pemerintah sejak 2013. Pembentukan forum komunikasi itu dinilai sangat penting, sebab UMKM sebagai penyangga pertumbuhan ekonomi di Kota Yogyakarta.

     Pada waktu pendirian, melalui surat keputusan dikeluarkan Camat. Kini di Kota Yogyakarta terdapat 14 forkom di 14 kecamatan. Niat itu, dibarengi dengan pemberian dana hibah sebagai pematiknya, sebesar Rp 35 juta, Alokasinya, untuk menyewa kios XT Square Rp 25 juta, untuk penguatan modal bersama, yang kami wujudkan dalam simpan pinjam Rp 5 juta dan sisanya yang Rp 5 juta, untuk membuat display dan operasional kios.

     Sejauh ini, forkom UMKM Mergangsan telah memiliki peran penting  dalam membina anggotanya. Dari yang semula biasa-biasa saja dalam menjalankan bisnisnya, kini sudah semakin berdaya. Pendampingan terus dilakukan –baik melalui pemerintah atau pun mandiri-- di antaranya, melalui seminar, diskusi, juga pelatihan tentang manajemen, mengurus izin, standar kelayakan produk, cara pengemasan produk, hingga tips umkm menghadapi pasar bebas. Forkom juga memberikan pendampingan kepada umkm, untuk mengakses modal produksi, serta pemasaran.

     Meski jumlah umkm di Kecamatan Mergangsan lebih dari seribu orang, namun yang menjadi anggota forkom hanya sekitar 55 orang. Meski demikian, mereka cukup mampu mewaki umkm yang ada di Mergangsan. Tiga bidang yang terwakili, yakni bidang kuliner, jasa dan kerajinan.

     Agar arus informasi bisa berjalan lancar, sejak berdiri Forkom Mergangsan rutin mengadakan pertemuan di setiap bulan. Upaya pengembangan itu diisi dengan diskusi. Masalah yang diangkat adalah persoalan yang dihadapi UMKM hingga solusinya. Juga, arisan, info pameran, atau pasar yang memungkinkan dilirik umkm. Karena itu, pertemuan rutin menjadi ajang sharing yang menarik dan pembelajaran bersama. Tak jarang pertemuan rutin itu juga dijadikan momentum tepat untuk menginformasikan kebijakan-kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta.

     Keaktifan dan keberlanjutan semangat UMKM Forkom Mergangsan, membuat Dinas Perindagkoptan Kota Yogyakarta (pada waktu itu), menjadikan Forkom Mergangsan sebagai percontohan, sekaligus peluncuran pengurusan Izin massal Usaha Mikro (IUM).

     Berkat kerja keras anggota, tahun 2017 ini, Forkom UMKM Mergangsan mendapat penghargaan juara pertama lomba display kios di XT Square. Perannya sebagai penghubung pemerintah dengan umkm, membuat Forkom Mergangsan menyita perhatian dan menularkan virus semangat UMKM bagi kecamatan lain untuk maju. Pemerintah pun yang tak jarang mengundang UMKM pameran-pameran di berbagai kota di Indonesia.

     Harapan saya, UMKM Kota Yogyakarta semakin maju dan berkembang sesuai jamannya. Semoga UMKM Indonesia bisa menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa. UMKM menjadi ujung tombak perekonomian rakyat Indonesia, semakin berjaya dan berdaya.