Hutan Pinus Mangunan

Terletak 24 Km selatan kota Jogja melalui Jalan Imogiri Timur sampai ke Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jalan beraspal mulus dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Sebenarnya di lokasi ini ada 2 destinasi wisata yaitu hutan pinus Mangunan dan kebun buah Mangunan. Hutan pinus Mangunan yang dipenuhi pohon Pinus Merkusi ini berhawa sejuk dengan suasana yang tenang. Sangat nyaman untuk me-refresh segala kepenatan pikiran hanya dengan berjalan-jalan menyusuri area hutan.

Spot wisata murah-meriah ini dikelola oleh warga dan perangkat desa setempat. Retribusi masuk belum resmi deengan besaran bervariasi untuk hari biasa dan musim liburan. Namun masih sangat terjangkau, biaya parkir 3ribu untuk sepeda motor, 10ribu untuk mobil dan 20ribu untuk bus wisata. Untuk dijadikan background foto prewedding juga bagus dengan terlebih dahulu minta ijin pengelola dan menyiapkan dana tambahan.

Area hutan pinus Mangunan menyediakan outbond dengan tracking yang lumayan menantang, ada mushola, area parkir yang luas dan toilet yang bersih dan nyaman. Ada juga gardu pandang untuk melihat area sekitar hutan dan lembah-lembah disekelilingnya.
Dilihat: Kali