Jualan Tanpa Ribet

Mungkin diantara anda para pengrajin kecil punya keinginan produk-produk kreasinya lebih dikenal masyarakat secara luas. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah blog sederhana menggunakan platform Blogger. Blogger sudah lama tersedia dalam bahasa Indonesia jadi bisa mengikuti petunjuk-petunjuk bikin blog secara mudah dipahami. Template/ tampilan blog juga sudah tersedia beragam pilihan model standar blogger. Anda bisa memulainya DISINI.


Bagi para blogger pemula seperti kami kadang sedikit risau karena tampilan blog tidak seperti sebagaimana toko online yang dilengkapi dengan sarana  tombol beli (shopping cart). Jangan berkecil hati, jika produk anda belum begitu banyak, dan anda belum berorientasi untuk ekspor, cukup mencantumkan nomor kontak Anda. Usahakan punya nomor khusus untuk urusan bisnis (dibedakakan dari nomor pribadi). Lho knapa?....kita bahas pada posting berikutnya.

Jadi cukup dengan langkah ini:
  1. Upload produk anda lengkap dengan keterangan dan tambahkan kode barang yang unik. Jika ada calon pembeli yang menanyakan produk yang anda jual dan mencantumkan kodenya, Anda cukup ketik kode produknya di kotak pencarian di blog anda sendiri. Ini untuk memudahkan anda menemukan produk yang dimaksud di blog anda, apabila anda sendiri lupa seperti apa rupa produknya.
  2. Mencantumkan nomor kontak dan lebih bagus kalo kontak anda juga merupakan nomor yang anda pakai untuk chatting whatsapp.
Udah cukup segitu?...iya..cukup. Kalo sekedar blog pribadi dan untuk jualan produk-produk sendiri, buat se-simple mungkin. Tidak semua orang/calon pembeli suka dibikin ribet dengan mengisi banyak kolom di formulir pemesanan yang ujung-ujungnya hanya berupa notifikasi email ataupun form pembayaran melalui paypal. Konsumen awam boleh jadi jarang buka email dan metode pembayaran melalui paypal masih kurang populer di negri ini.

Yang penting produk anda bagus, layak jual dan harga kompetitif, maka isi blog anda sudah termasuk bagus, meski tidak harus banyak pasang tombol dan formulir belanja yang ribet.