Nasib Facebook di Indonesia?

credit; Getty Image
Saya penasaran langkah lanjut apa yang akan ditempuh Komisi I DPR RI setelah pertemuan pertama dengan perwakilan facebook di Indonesia atas skandal Cambridge Analytica. Apakah akan diblokir? dikenakan denda? atau bahkan dituntut secara pidana?. Prediksi saya, facebook tetep akan baik-baik aja di Indonesia.

Sadarkah kita jika Facebook memiliki teknologi pendeteksi wajah (Biometrik) yang sangat canggih. Teknologi pendeteksi wajah ini digunakan untuk saran Tag di foto yang anda unggah. Dan ketika algoritma pendeteksi wajah ini bekerja, Fb bisa mendorong/ menyarankan kepada pengguna untuk memberi Tag Anda. Dan mempermudah pengguna lain untuk menandai foto-foto mereka. Ada baiknya anda mematikan fitur ini lewat opsi pengaturan, kecuali jika Anda memang ingin populer dan tidak ada data serius yang anda simpan di akun FB anda. Setiap hari lebih dari 350 juta foto diunggah di media sosial raksasa ini. Belum bisa diprediksi kelak data-data biometrik ini akan disalahgunakan dalam bentuk apa. Perkiraan saya data-data biometrik apabila jatuh pada sekelompok penjahat cyber bisa digunakan untuk pemalsuan identitas yang ditujukan untuk membobol bank-bank kelas atas. Atau digunakan untuk pemalsuan identitas dalam sebuah operasi intelejen.

Di dunia ini, hanya negara bagian Illinois dan Texas yang telah memiliki undang-undang tentang   Biometric Information Privacy Act. Di Indonesia belum jelas aturannya, bahkan undang-undang ITE yang berfungsi baru 'I' nya. Yaitu nangkepin orang-orang yang dianggap melakukan ujaran kebencian. Dan si 'I' ini makin sibuk diterapkan di tahun politik sekarang ini. Sedangkan 'TE' nya nyaris jadi pengangguran sehingga sangat dimungkinkan kejahatan/pelanggaran transaksi elektronik belum banyak yang tersentuh.