Luar Biasa ! Apresiasi Remaja Terhadap Seni Pirografi

Lukis Wajah Pirografi di Talenan-Jogja Harmoni
Setiap pelaku seni, dalam hal ini seniman lukis, ingin menghasilkan karya-karya terbaik yang dibarengi dengan tingkat apresiasi yang tinggi atas karya-karyanya. Karya berkualitas-banyak peminat-laku dengan harga tinggi; itulah sebagian keinginan para seniman jika kita bicara soal uang.

Perguruan tinggi seni lukis di Indonesia sudah banyak, sekolah menengah seni lukis juga banyak. Belum lagi kursus-kursus melukis yang diadakan melalui sanggar-sanggar lukis juga sangat banyak. Sayangnya semua itu berbanding terbalik dengan minat masyarakat terhadap seni lukis di Indonesia. Minat masyarakat untuk memiliki barang seni masih kurang, hanya dikalangan tertentu saja (kelas menengah keatas).

Merasakan realitas tersebut, saya memutuskan untuk laku prihatin dulu ketika memutuskan terjun ke jagad seni lukis. Saya memilih membuat lukisan-lukisan kecil yang dibandrol murah sebagai langkah awal. Ya!..membuat karya yang mengacu pada pangsa pasar. Segmentasinya adalah anak muda (remaja, mahasiswa, rumah tangga muda).

Meski tak menafikkan kalau saya juga butuh uang dan ingin uang yang banyak, tapi saya juga tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan saya ketika banyak anak muda yang pesan lukisan wajah untuk dirinya, dihadiahkan ke orang tua, sahabat atau pacar. Dengan bandrol harga dibawah 100 ribuan, sangat terjangkau oleh kantong mereka. Dan rata-rata mereka memesan lebih dari satu kali!!!

Keuntungan saya?...emang belum seberapa. Tapi ini investasi masa depan. Bayangkan saja, anak-anak muda tersebut memiliki 'keberanian' membeli sebuah benda seni. Langkah awal keberanian tersebut akan memunculkan kecintaan dan apresiasi terhadap karya seni lukis. Tidak sekadar melihat dan mengagumi saja,...tapi berani memiliki karya seni.

Kelak kalau insan-insan muda itu menjadi dewasa dan insyaAllah jadi generasi yang sukses, jangan heran kalau mereka adalah segmen pecinta seni yang potensial!. Menanamkan kecintaan dan apresiasi seni (lukis) sejak dini adalah sangat...sangat penting!