Bersiap Menyambut Booming UKM Online 2018

Selain diramaikan dengan masalah-masalah politik yang makin ruwet di dunia maya, sebentar lagi alam samar-samar ini akan makin semarak dengan pertumbuhan ukm-ukm online yang baru. Sejak proyek sejuta domain gratis digulirkan pemerintah untuk UKM mulai akhir tahun lalu, kini dunia internet bersiap menyambut munculnya ribuan 'ukm-ukm go online' dan dunia blogging akan semarak lagi. Sudah jadi rahasia umum jika aktifitas 'nge-blog' sempat turun pamor sejak makin bertumbuhnya media-media sosial semacam twitter, facebook, instagram, dll, yang banyak menjadi pilihan masyarakat untuk eksis di dunia maya.
Bagi ukm, langkah pemerintah ini sudah selayaknya kita apresiasi. Namun yang perlu kita ingat; kalau sekedar bikin blog/situs itu relatif mudah, apalagi dalam proyek sejuta domain gratis, pemerintah telah mendisainkan tampilan blog bagi para ukm (ada acara serah terimanya juga mas Bro!). Yang agak susah itu adalah mempertahankan eksistensi blog kita sekaligus mengembangkannya. Butuh energi besar untuk mengembangkan sebuah blog, harus mau meluangkan waktu untuk mengurusnya, mau belajar tentang internet marketing dari para mastah (artinya master=sebutan untuk orang2 yang telah mahir didunia internet). Selain juga modal pulsa internet, kamera hape dengan kualitas minimal 'lumayan' untuk foto-foto produk ukm dan yang paling penting: tekad kuat untuk maju dan berkembang.

Jadi web/situs/blog yang telah dibuatkan oleh pemerintah untuk pelaku ukm, harus dipelihara dengan baik, dihidupkan dengan update secara rutin (mengirim/meng-aplud foto-foto produk sesering mungkin) dan bergaul dengan blog-blog ukm lainnya dengan cara saling berkunjung dan meninggalkan komentar.

credit image;www.wallhere.com