Jualan Lewat Blog Tidak Bisa Instan Merasakan Hasilnya

Tidak terasa ini sudah postingan ke 100 sejak blog ini dibuat bulan Maret lalu. Blog JogjaHarmoni.com memang dibuat untuk keperluan promosi, baik promo usaha kami sendiri maupun teman-teman pelaku UKM-ekonomi kreatif yang ada disekitar tempat tinggal kami. Sebagian bertanya-tanya kenapa belum laku juga produknya....sebagian yang lain telah merasakan manfaat dengan bertambahnya pelanggan, terutama teman-teman kami yang bergerak di bidang usaha kuliner. Jadi semua merasakan pengalaman yang berbeda-beda.
Dalam sebuah blog memang kita tidak bisa jualan secara langsung (hard selling), karena blog yang isinya jualan melulu (toko online) biasanya agak dihindari netizen. Jadi perlu strategi soft selling, berjualan dan berpromosi secara 'lembut'. Beda dengan market place semacam Tokopedia, Bukalapak, Olx dan lain-lain. Selain tersedia beragam produk lengkap, mereka pun memerlukan budget besar untuk pasang iklan, baik iklan di google maupun iklan di stasiun-stasiun televisi. Dengan iklan yang dibombardir terus-menerus membuat masyarakat tahu dan berkunjung ke situs market place tersebut.

Berjualan melalui blog perlu kesabaran dan keuletan tersendiri untuk bisa mendapat kepercayaan dari calon pelanggan. Karena banyaknya kasus penipuan lewat internet dan maraknya toko online abal-abal. Blog admin di JavaHarmony.com pun butuh waktu lama dari sejak bikin promosi di blog pribadi, sampai ada orang yang mau memesan produk dan karya kami.

Intinya; nikmati saja berpromosi melalui blog dan jangan hanya berpikir soal uang dan uang. Tapi kita bagi juga pengalaman, informasi, pengetahuan, inspirasi dan berbagi tips,  untuk mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi kita semua. Sebuah blog yang baik bisa memberikan manfaat yang maksimal sekaligus hiburan bagi pengunjung setianya.