Busana Lurik Yang Cantik dan Unik

Busana lurik merupakan busana tradisional orang Jogja dan Jawa Tengah sejak tempo doeloe. Meskipun serbuan produk-produk tekstil sangat masif di negri ini, tapi beberapa pengrajin tenun lurik tetap mencoba bertahan. Semangat mereka untuk tetap melestarikan warisan leluhur harus kita apresiasi. Proses pembuatan kain tenun lurik masih dikerjakan secara tradisional dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). 

Busana Lurik Yang Cantik dan UnikAda beberapa sentra kerajinan kain lurik di kota Jogja yang menjadi langganan Modiste Intan, diantaranya Tenun Lurik Kurnia dan Tenun Tugu Mas. Usaha tenun Tugu Mas milik Bp. Indro berada di Kampung Joyonegaran yang juga merupakan Ketua RW 13. Ada beragam motif yang dibuat di rumah tenun ini dengan kualitas sangat bagus dan harga yang kompetitif. Tidak sulit menemukan lokasi usaha tenun Tugu Mas yang juga tetangga admin blog ini. Anda tinggal berkunjung ke jl. Tamansiswa, Kp Joyonegaran dan bisa bertanya pada penduduk setempat. Tenun Tugu Mas berada di samping Masjid Hidayah Al Ma'ruf. 

Dengan bahan lurik, kita juga bisa berkreasi membuat baju berbagai model kekinian. Bisa dibuat casual maupun pakain resmi untuk dikenakan di kantor. Seperti yang dipesan para guru di SD Sukonandi kota Yogyakarta. Saat ini selain  batik, kain lurik juga mulai diwajibkan untuk dikenakan tiap hari jumat bagi karyawan guru maupun PNS di kota Jogjakarta.

Dengan bahan lurik, kita juga bisa berkreasi membuat baju berbagai model kekinian.

Dilihat: Kali