Sudah hampir satu tahun blog ini tidak berubah tampilan. Seperti yang Anda ketahui bahwa bergonta-ganti template blog, kurang bagus di mata google. Tapi karena saya bosan dengan tampilan lama...ya apa boleh buat 😅



Pada umumnya warna dominan template blog adalah putih, apalagi untuk tampilan-tampilan blog bergaya news template. Begitu juga dengan tampilan blog Jogja Harmoni yang pada awalnya dominan warna putih. Namun dipenghujung tahun 2019 ini, saya beranikan untuk merombak total menjadi dark template style. Lalu apa keuntungan dari tampilan template berwarna gelap?

1. Mata kita tidak cepat lelah membaca isi blog meski dalam waktu agak lama. Beda dengan template yang dominan warna putih cenderung menyilaukan mata jika kita berlama-lama melihatnya dari layar laptop atau layar monitor PC. Demikian pula jika blog dibuka melalui hape dengan layar diatas 5 inci, terasa lebih sejuk.

2. Lebih menghemat penggunaan beterai hape atau laptop meskipun atau lebih dikenal dengan istilah energy saving mode.

3. Foto dan gambar-gambar yang ada di dalamnya terlihat lebih menonjol dan tajam. Dan bagi blog-blog yang memasang iklan dari google adsense, maka tampilan iklannya menjadi lebih eye catching. Dan menggoda para pengunjung untuk meng-klik iklan.

Khusus untuk blog Jogja Harmoni ini yang tadinya dipasang banyak iklan dari google adsense, kami rencanakan untuk hanya pasang satu iklan ukuran kecil sepanjang tahun 2020. Dikarenakan template ini sudah cukup berat dan apabila terlalu banyak iklan, maka loading blog menjadi makin berat.

Mengapa tidak memasang night mode saja?

1. Untuk template blog yang ringan saya sarankan memakai night mode supaya memberi kebebasan bagi para pengunjung blog untuk memilih tampilan terang atau gelap. Bagaimana cara memasang night mode sudah banyak para mastah yang memberikan tutorialnya. Silahkan googling saja.

2. Bagi pengguna template yang sudah cukup berat seperti yang saya pakai ini, menambahkan javascript night mode hanya akan menambah berat beban template blog ini.

Blog Jogja Harmoni memang jarang di-update sepanjang 2019 karena kesibukan di dunia offline dari masing-masing adminnya. Semua ini adalah manfaat kita memiliki blog untuk promosi produk-produk UKM yang kita hasilkan hingga mendapat pesanan hingga jumlah ribuan item untuk dikirim ke Bali, Singapura hingga Australia dan juga Eropa. Buyers menemukan produk yang kita posting di blog ini, kemudian terjalin kontak dan komunikasi lebih lanjut. Juga pesan-pesanan perorangan dari berbagai daerah di dalam negeri.

Semoga dengan tampilan baru Jogja Harmoni, menambah semangat para admin untuk banyak melakukan update artikel di tahun 2020 nanti.

Salam sukses untuk semua pelaku UMKM di seluruh Indonesia, tetap semangat dan selalu berinovasi !

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama